To get there

Jika harus menggunakan kendaraan umum, kereta api adalah yang paling direkomendasikan untuk menuju Wollongong dari Bandara Sydney. Setelah menyelesaikan segala urusan keimigrasian, segeralah menuju stasiun kereta bawah tanah di International Airport. Dari terminal kedatangan akan ada petunjuk yang mudah dilihat, menandakan gambar kereta. Ikuti tanda ini menuju stasiun bawah tanah menggunakan eskalator. Perlu diperhatikan bahwa trolly tidak diijinkan turun melalui eskalator ini.

Sebelum turun melalui eskalator, tiket bisa dibeli di counter dengan harga AUD 21.00 atau di mesin tiket. Tiket bisa dibeli langsung untuk perjalanan ke Stasiun Wollongong (Wollongong Station). Jika ada yang kurang jelas, bisa bertanya pada petugas stasiun dan pasti dibantu.

Informasi jadual dan tarif kereta api, bisa diperloleh di http://cityrail.com.au.

Saat tiba di Stasiun International Airport di bawah tanah, tunggu dan perhatikan kereta berikutnya menuju stasiun Wolli Creek melalui layar monitor. Ini hanya satu pemberhentian dari stasiun International Airport dengan waktu tempuh sekitar 2 menit jadi sebaiknya sudah siap-siap dan bila perlu tidak usah duduk. Setelah sampai di Wolli Creek, segera menuju jalur kereta Wollongong (Kiama). Perhatikan layar monitor atau tanyakan kepada petugas atau penumpang lain. Mereka pasti akan membantu.

Dari Wolli Creek, perjalanan menuju Stasiun Wollongong ditempuh langsung dalam waktu sekitar 1,5 jam atau kurang. Pemberhentian yang umum digunakan adalah Stasiun North Wollongong yang lebih dekat dengan University of Wollongong, atau Stasiun Wollongong yang relatif lebih dekat dengan kota. Ini tergantung tempat tinggal di Wollongong. Dari Stasiun North Wollongong atau Wollongong, ada bus yang bisa digunakan. Kalau sama sekali belum pernah, sebaiknya menggunakan taxi dan berikan alamat yang dituju kepada sopirnya. Taxi di sini tidak akan menipu dan pasti menggunakan argo🙂

Oh ya, semua rincian perjalanan di atas tentu saja diperlukan kalau tidak ada teman yang menjemput di Sydney. Kalau memang diperlukan, bukan tidak mungkin salah satu dari warga Indonesia di Wollongong bisa membantu Anda yang baru pertama kali ke Wollongong, bahkan untuk menjemput di Sydney🙂 Silahkan hubungi kami.

%d blogger menyukai ini: